Transaksi Jual Tanah Wirosaban Jogja Dengan Aman | Tanah Murah Jogja. Prosedur Jual Beli Tanah, Mengurus Sertifikat Tanah, Harga Jual Tanah Jogja

Slider Background

Transaksi Jual Tanah Wirosaban Jogja Dengan Aman

Tuesday, 1 August 2017

Transaksi Jual Tanah Wirosaban Jogja Dengan Aman

Jual tanah Wirosaban Jogja adalah informasi yang hampir selalu dicari-cari oleh para peminat investasi tanah di Jogja. Pertumbuhan penduduk yang semakin bertambah setiap tahunnya membuat kebutuhan akan tanah juga ikut semakin bertambah. Kondisi yang demikian membuat keberadaan tanah saat ini semakin sulit diperoleh. Banyak orang yang ingin membeli tanah namun hanya memiliki dana yang tidak terlalu banyak.
Mencari tanah dengan ukuran yang sesuai keinginan bukanlah perkara yang mudah. Berbeda dengan keperluan membeli tanah untuk investasi, membeli tanah untuk didirikan rumah atau bangunan usaha lainnya harus benar-benar disesuaikan dengan rencana pembangunan baik dari segi ukuran maupun dana karena masih harus mengeluarkan dana untuk pembangunan. Wirosaban merupakan kawasan di area Jogja yang tepat dijadikan lokasi pembelian tanah untuk investasi ataupun untuk dibangun rumah.

Selain strategis karena berada di dekat pusat jantung kota, Wirosaban juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan memadai. Sekitar Wirosaban juga banyak terdapat hotel, restaurant, sekolah, rumah sakit, pelayanan keamanan dan masih banyak lagi. Hal ini membuat kawasan ini menjadi sangat potensial.
Cara Aman Beli dan Jual Tanah Wirosaban Jogja Sebagian
Meskipun tidak banyak, namun terdapat beberapa pihak yang jual tanah Wirosaban Jogja dengan beragam status atas kepemilikan tanah tersebut. Saat ini di kawasan Wirosaban banyak terdapat fasilitas yang memadai dan lokasi-lokasi strategis sehingga banyak bermunculan perumahan. Hal ini menyebabkan terdapat beberapa status tanah di kawasan Wirosaban yang dapat dimiliki oleh peminat investasi tanah seperti tanah sudah ber-HGB (SHGB), tanah girik, tanah dengan hak milik (SHM) bahkan terdapat pula tanah yang belum dilengkapi dengan dokumen resmi.
Kebanyakan tanah kavling pada perumahan yang tersedia di area Wirosaban yang masih dengan aneka ragam status dibeli oleh developer yang kemudian akan melakukan proses pembuatan sertifikat atas nama developer yang disebut sebagai sertifikat induk. Jika Anda memutuskan untuk membeli tanah dijual di Wirosaban Jogja yang berbentuk tanah kavling dan dengan sertifikat yang demikian, maka pembelian tersebut disebut tanah sebagian, setelah Anda menyelesaikan proses administrasi, barulah nanti akan dapat memperoleh sertifikat atas nama Anda sendiri. Supaya segala proses dan langkah tetap aman, perhatikan beberapa hal berikut ini supaya tidak tertipu atau mengalami kejadian yang tidak diinginkan:
1.      Proses pemecahan sertifikat
Proses pemecahan sertifikat wajib dilakukan saat melakukan pembelian sebagian tanah kavling dengan sertifikat induk. Dalam proses pemecahan sertifikat, masing-masing bidang tanah harus diterbitkan buku tanah, surat ukur, dan juga sertifikat untuk menggantikan buku tanah dan surat ukur serta sertifikat asalnya. Saat membeli tanah murah Wirosaban Jogja khususnya tanah kavling dengan sertifikat induk, maka proses pemecahannya dapat dilakukan setelah memperoleh persetujuan tertulis dan dilakukan oleh kantor pertahanan nasional yang kemudian diteruskan kepada kepala kantor pertahanan maupun pejabat lain yang ditunjuk.
2.      Permohonan dalam pemecahan sertifikat
Untuk melakukan permohonan pemecahan sertifikat tanah dari sertifikat induk melalui pengajuan pada kantor pertahanan maupun pejabat lain yang ditunjuk dengan melampirkan beberapa dokumen. Dokumen yang harus dilengkapi pada saat melakukan permohonan tersebut antara lain:
-          Fotokopi indentitas diri dari pemohon dan atau kuasanya yang mewakili yang sudah dilegalisasi pejabat yang memiliki wewenang.
-          Ijin tertulis dari pihak yang memegang hak tanggungan jika tanah tersebut sudah dibebankan.
-          Ijin perubahan penggunaan tanah apabila hendak diubah penggunaannya.
-          Sertifikat hak atas tanah.
-          Dan sertifikat hak tanah asli yang dikhususkan bagi developer serta wajib menyampaikan site plan untuk pembangunan perumahan yang direncanakan.
 
3.      Mengurus biaya administrasi dalam pemecahan sertifikat
Bagi pembeli tanah dijual di Wirosaban Jogja khususnya tanah kavling, dana yang dibutuhkan untuk melakukan pemecahan sertifikat adalah Rp.25.000,- dikalikan dengan jumlah pemecahan sertifikat yang dilakukan.
4.      Jangka waktu dalam pemisahan sertifikat
Jangka waktu yang dihabiskan untuk melakukan pemecahan sertifikat induk paling lama aalah 15 hari kerja saja. Namun lama hari tersebut di luar proses pengukuran.
5.      Proses pengukuran
Pengukuran tanah pada saat proses pemecahan sertfikat dan juga sebagai pemeliharaan data fisik dan data yuridis.
6.      Penetapan batas tanah
Setelah proses pengukuran selesai, proses penetapan batas tanah pun akan dilakukan. Petugas yang melakukan pengukuran dan penetapan batas berasal dari kantor Pertahanan.
7.      Pengumpulan dan penelitian data yuridis
Jangan hanya mencari tanah kavling dengan sembarangan karena saat ini banyak cara cepat jual tanah melalui banyak media. Proses setelah selesai penetapan batas tanah maka yang akan pengumpulan dan penelitian data fisik dan yuridis.
8.      Pengesahan data
Langkah selanjutnya pengesahan data fisik dan yuridis yang dilakukan oleh Kepala Kantor Pertahanan dengan berita pengesahan data fisik dan data yuridis.

Saat hendak membeli tanah sebagian saja di kawasan Wirosaban, dengan mengikuti beberapa cara di atas maka proses beli dan jual tanah Wirosaban Jogja dapat dipastikan dapat berjalan dengan lancar serta aman.
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment