Keuntungan Jual Tanah di Jakal Jogja untuk Investasi | Tanah Murah Jogja. Prosedur Jual Beli Tanah, Mengurus Sertifikat Tanah, Harga Jual Tanah Jogja

Slider Background

Keuntungan Jual Tanah di Jakal Jogja untuk Investasi

Tuesday, 1 August 2017

Keuntungan Jual Tanah di Jakal Jogja untuk Investasi

Jual tanah di Jakal Jogja biasanya dilakukan untuk keperluan bisnis atau investasi. Banyak pembeli tanah di Jakal Jogja yang memiliki status kepemilikan tanah hanya untuk tabungan di masa depan. Oleh karena itu, tentu butuh sebuah trik dalam memilih tanah untuk keperluan investasi agar tidak ada kerugian di kemudian hari.



Trik Memilih Tanah untuk Investasi
Dalam setiap investasi tentu dibutuhkan pengetahuan khusus terlebih dahulu, karena setiap orang tentu tidak ingin rugi. Jika penjual harus tahu cara cepat jual tanah, maka pembeli harus tahu cara memilih tanah yang cocok untuk investasi. Pilihan tanah memang akan sangat menentukan keberhasilan investasi di masa depan. Jangan sampai hanya karena salah membeli lokasi tanah, di masa depan malah muncul kerugian. Atau bisa jadi harga di masa depan tidak setinggi yang dibayangkan saat ini.

Maka, simak trik-trik memilih tanah untuk keperluan investasi berikut ini agar tidak ada kerugian di kemudian hari.
1.      Lokasi tanah
Lokasi merupakan satu faktor yang paling menentukan keberhasilan investasi tanah. Lokasi yang baik adalah lokasi yang prospek peningkatan nilai jual tanahnya juga baik. Hal ini tentu akan berbeda dengan lokasi yang prospek ke depannya buruk. Maka nilai jual tanahnya akan rendah. Cara memilih lokasi tanah adalah tentukan beberapa pilihan lokasi yang diinginkan. Jika sudah, buat list dari beberapa lokasi tersebut. Cari keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Jika perlu, cek prospek setiap tanah dari informasi di koran, tv, atau media online. Pilih tanah yang prospeknya paling baik.

2.      Mengenali potensi jual tanah
Untuk membuat list lokasi di atas, bisa juga dengan membuat daftar kriteria tanah. Buatlah daftar pertanyaan. Misalnya apakah tanah tersebut produktif, apakah aksesnya bagus, fasilitas apa saja yang menguntungkan, transportasi apa saja yang bisa masuk, dan sebagainya. Jika perlu, hitung juga perkiraan kenaikan harga jual tanah di lokasi tersebut. Caranya bisa dengan melihat kenaikan tanah beberapa tahun terakhir di lokasi itu.

3.      Ketahui status sertifikat tanah
Hal ini juga penting, karena setiap transaksi tanah tentu saja membutuhkan dokumen yang sah dengan status kepemilikan yang sah juga. Cek keaslian sertifikat, PBB, SHM, dan sebagainya. Semua ini dilakukan untuk meminimalkan resiko yang tidak diinginkan di kemudian hari.

4.      Jangan membeli tanah sengketa
Saat ini ada banyak kasus gagalnya transaksi tanah karena tanah tersebut ternyata tanah sengketa. Atau tanah yang sertifikatnya sedang digadaikan ke pihak tertentu. Maka, periksa dengan teliti apakah tanah tersebut adalah tanah yang bebas dari sengketa atau tidak.
5.      Melakukan negosiasi
Negosiasi juga merupakan salah satu trik yang menentukan keberhasilan investasi tanah. Jika seseorang pandai menarik ulur harga dalam proses negosiasi, maka kemungkinan besar tanah tersebut akan bisa didapatkan dengan harga yang menguntungkan. hindari negosiasi yang tidak wajar dan jangan terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan.

6.      Melakukan pembelian bersyarat
Jika sudah ada kesepakatan antara kedua belak pihak, maka calon pembeli sebisa mungkin harus mengajukan beberapa persyaratan. Misalnya tentang komitmen proses balik nama, komitmen penyerahan surat yang sah, dan persyaratan lain. Hal ini dilakukan agar kedua belah pihak sama-sama nyaman.

7.      Jangan langsung melunasi
Biasanya, cara paling aman adalah membayar DP sekian persen. Setelah proses balik nama selesai, baru pembeli boleh melunasi semuanya. Dengan catatan, penjual harus menyerahkan dokumen resmi pada pembeli. Hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan.
Keuntungan Beli dan Jual Tanah di Jakal Jogja
Salah satu daerah yang menjanjikan untuk keperluan investasi tanah adalah Jogja, termasuk daerah Jakal. Saat ini ada banyak tanah dijual di Jakal Jogja yang menjanjikan. Hal tersebut tidaklah salah, karena memang kawasan tersebut merupakan kawasan yang baik dan pasti akan berkembang dengan pesat di masa depan.

Daerah Jakal adalah daerah di Jogja yang merupakan kawasan pendidikan. Ada banyak kampus di sana, dan  itu artinya ada banyak mahasiswa pendatang yang membutuhkan tempat tinggal. Permintaan properti di sana sangat tinggi sehingga tidak heran jika banyak orang yang jual tanah di Jakal Jogja. Permintaan properti yang tinggi akan membuat harga tanah di sana terus meningkat dari hari ke hari.

Selain itu, lokasi ini juga menjadi lokasi yang cocok untuk mendirikan berbagai macam usaha, seperti usaha makanan, usaha bengkel, atau usaha alat tulis. Semua itu adalah fasilitas yang dibutuhkan mahasiswa untuk bertahan hidup di Jakal. Harga properti di kawasan tersebut yang kompetitif juga dipengaruhi oleh lokasi yang strategis. Bukan tidak mungkin jika tanah murah Jakal Jogja hari ini bisa menjadi tanah yang sangat mahal di masa yang akan datang.

Demikianlah trik memilih tanah untuk investasi dan keuntungan jika membeli jual tanah di Jakal Jogja. Semoga bermanfaat.
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment