Jual Tanah Wilayah Jogja yang Menguntungkan | Tanah Murah Jogja. Prosedur Jual Beli Tanah, Mengurus Sertifikat Tanah, Harga Jual Tanah Jogja

Slider Background

Jual Tanah Wilayah Jogja yang Menguntungkan

Tuesday, 1 August 2017

Jual Tanah Wilayah Jogja yang Menguntungkan

Jual tanah wilayah Jogja yang merupakan kota yang strategis dan potensial nampaknya bukan perkara sulit. Ada banyak peminat untuk melakukan pembelian tanah di area Jogja untuk sekedar investasi atau untuk didirikan bangunan seperti hunian, tempat usaha, penginapan, kos-kosan atau yang lainnya. Hal ini wajar saja karena Yogyakarta memiliki banyak kawasan yang strategis dan berbagai fasilitas serta layanan umum yang memadai.



Seperti yang sudah diketahui, terdapat banyak sekali perguruan tinggi berkualitas di Jogja yang membuat kota ini berjulukan sebagai kota Pelajar. Tak hanya itu, Yogyakarta juga memiliki banyak sekali obyek wisata dengan bebagai akses jalan raya yang tak memiliki potensi dan perkembangan tinggi. Perkembangan pendidikan, pariwisata, ekonomi dan infrastruktur wilayah Yogyakarta pun tidak luput dari kemajuan yang pesat dari waktu ke waktu yang membuat banyak orang yang ingin melakukan investasi tanah di berbagai kawasan di Jogja. Selain prospeknya sangat bagus, nilai jual tanah juga akan semakin tinggi menyusul pertumbuhan penduduk yang terus meningkat. Meskipun tergolong investasi jangka panjang, namun tanah adalah produk investasi yang sangat menjanjikan.

Periksa Dahulu Hal-Hal Ini Sebelum Beli atau Jual Tanah Wilayah Jogja
Pihak yang hendak membeli tanah untuk berinvestasi khususnya di kawasan Jogja, pastikan sangat aktif dan tertarik apabila menemukan informasi mengenai jual tanah wilayah Jogja yang dapat ditemukan di berbagai media massa atau cara promosi yang lainnya. Namun, untuk diketahui, sebelum melakukan jual beli tanah untuk berinvestasi jangka panjang terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dan dijadikan sebagai checklist. Langkah-langkah yang wajib dilakukan sebelum membeli tanah khususnya antara lain:
-          Melakukan pemeriksaan sertifikat tanah
Langkah pertama yang wajib dilakukan sebelum membeli tanah dijual di Jogja untuk mendapat kepastian adalah melakukan pemeriksaan terhadap ada atau tidaknya dokumen tanah dan salah satu yang paling penting adalah sertifikat tanah. Jika sertifikat dengan status hak atas tanah tersebut apa, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memastikan bahwa sertifikat tersebut asli. Penjual haruslah tertera sebagai pemilik sah atas tanah tersebut. Namun jika nama yang tertera pada sertifikat tidak sesuai dengan nama yang tercantum pada Akta Jual Beli, yang harus dipastikan adalah adanya surat kuasa yang sah dari pemilik tanah yang disahkan oleh notaris.
-          Memeriksa kesesuaian data di kantor pertanahan
Kemudian, calon pembeli juga harus mengecek kesesuaian antara fisik dan yurudis pada tanah asli dengan data yang tertera pada sertifikat. Pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan mendatangi kantor Pertanahan setempat dimana tanah tersebut berlokasi dengan bekerjasama pada Notaris/PPAT. Namun jika diperlukan, calon penjual juga dapat mengajukan permohonan Surat Keterangan Pemilik Tanah atau SKPT langsung ke kantor Pertanahan. Dengan demikian, calon pembeli akan mengetahui pemilik sah, status dan hak atas tanahdijual di Jogja yang hendak dibeli tersebut.
-          Pastikan tanah tidak sedang menjadi barang jaminan dan tidak terlibat sengketa
Sebelum melakukan pembelian, pastikan jika tanah tersebut tidak sedang menjadi agunan atau barang jaminan hutang. Tanah tersebut juga jangan sampai masih menajdi sengketa hukum yang belum terselesaikan. Hal ini untuk memperkecil resiko munculnya masalah yang tidak diinginkan. Jika sertifikat masih dijadikan jaminan di bank, terdapat kemungkinan paling buruk jika pembayaran cicilan tidak lancar maka bisa jadi pihak bank mengambil alih atanah tersebut. Sedangkan untuk memastikan tanah tersebut tidak terlibat sengketa hukum, dapat dipastikan melalui pengadilan wilayah setempat.
-          Memeriksa persetujuan suami atau istri
Kini banyak sekali cara cepat jual tanah dengan berbagai media dan cara. Yang perlu diketahui saat membeli tanah dari pasangan suami istri yang memang sudah sah terikat perkawinan, maka seluruh kekayaan merupakan aset harta keduanya. Untuk itu, dalam penjualannya pun haruslah mendapatkan persetujuan dari pihak suami atau istri yang diajukan dalam Akta Jual Beli tanah. Persetujuan suami atau istri juga dapat diterbitkan melalui surat kuasa yang diberikan pada Notaris/PPAT.
-          Memeriksa persetujuan ahli waris
Berbeda lagi jika sang pemilik tanah yang tercantum dalam sertifikat sudah meninggal, maka seluruh aset harta akan jatuh pada ahli waris sesuai dengan silsilah yang sah menurut hukum. Setiap ahli waris yang sah menurut hukum berhak untuk menjual tanah warisan tersebut namun harus dengan persetujuan seluruh ahli waris. Masng-masing ahli waris wajib menandatangi AJB. Namun jika terdapat salah satu ahli waris yang berhalangan hadir untuk tanda tangan, tanda tangan dapat diwakilkan dengan syarat kuasa yang berbentuk nota riil.
-          Mendatangi Notaris.PPAT
Apabila seluruh proses pemeriksaan atas tanah murah Jogja yang hendak dibeli sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah mendatangi Notaris/PPAT untuk menandatangi AJB tepat di depan pejabat tersebut. keberadaan Notaris. PPAT juga dapat memberikan kemudahan terhadap pembeli dan penjual baik dalam pemeriksaan tanah maupun proses pembayaran dan pajaknya.
-          Membayar pajak transaksi
Pajak yang terdapat pada proses jual beli tanah adalah pajak pembeli dan pajak penjual. Bentuk pajak yang harus dibayarkan dalam pajak penjual adalah PPh dengan besaran 5% dari harga jual beli tanah yang sudah disetujui. Sedangkan pajak pembeli ialah berupa Bea Perolehan Hak Atas Tanah atau BPHTB dengan besaran 5% dari nilai transaksi pembelian dikurangi NJOPTKP.

Melalui penjelasan di atas, kini menjadi lebih jelas bukan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dan dipastikan saat melakukan transaksi beli dan jual tanah wilayah Jogja. Lakukan langkah-langkah di atas untuk memperoleh legalitas yang sesuai hukum. Semoga bermanfaat.
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment